MPI PDM Kab Cirebon Gelar Pelatihan Jurnalistik

CIREBON,– Puluhan peserta mengikuti pelatihan jurnalistik tingkat dasar yang digelar Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon, Sabtu (12/10/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Akper Muhammadiyah tersebut, dimaksudkan untuk membangkitkan kreativitas dan kemampuan menulis warga persyarikatan khususnya dalam menghadapi era revolusi industi 4.0 yang serba digital.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Cirebon, Dr Ahmad Dahlan dalam sambutannya mengatakan, di era milinium ke dua Muhammadiyah masih terus berupaya berkontribusi menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan, salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat.

“Jika selama ini Muhammadiyah dikenal memiliki amal usaha di bidang pendidikan, maka di abad ke dua ini Muhammadiyah Kabupaten Cirebon mencoba untuk memberdayakan amal usaha dari majelis lain, salah satunya Majelis Pustaka dan Informasi melalui amal usaha media online,” kata Lalan panggilan akrab Ahmad Dahlan kepada cirebonmu di lokasi pelatihan.

Di tempat yang sama, Wartawan senior Cirebon, Nurdin M Noor yang didaulat menjadi narasumber menuturkan, kegiatan tulis menulis telah dilakukan sejak awal Islam diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Bahkan Nabi Muhammad SAW sejatinya merupakan jurnalis agung dengan menyampaikan informasi berupa wahyu dari Allah secara terus menerus. Apalagi setelah mendapat wahyu, baliau juga memerintahkan salah seorang sahabat untuk menuliskan dalam media kulit binatang, kulit kayu dan media lainnya saat itu,” kata Nurdin.

Selain itu beberapa narasumber lain turut memberikan materi pelatihan seperti Fasilitator MPI Kab Cirebon, Somantri Perbangkara, Ketua MPI Pimpinan Wilayah Jabar Kelik, Direktur Program Berta TVmu Ichan Marsha dan Ketua MPI PDM Kabupaten Cirebon Agus Arifin.

Salah seorang peserta, Muhammad Trio Subagja mengaku sangat senang bisa mengikuti acara pelatihan tersebut.

“Saya senang karena maendapat banyak pengetahuan tentang jurnalistik. Selama ini saya memang cukup awam dengan hal-hal soal jurnalistik,” kata Trio. (CM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *